Loading...
Minggu, 20 Oktober 2013

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

laptop


Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas- Mungkin kita semua sudah sering mendengar dan melihat teman kita ataupun bahkan kita sering mengeluh karena laptop yang kita pakai mudah panas. Biasanya yang menyebabkan laptop cepat panas salah satunya untuk bermain game dengan waktu yang lama.. sobat pernah cermati gak, ketika anda memainkan game di laptop? ketika game di buka kemudian terdengar suara kipas di laptop yang berputar lebih kencang.. laptop yang sering panas tentu saja akan mengakibatkan peforma laptop menurun. yang seharusnya laptop tersebut dapat  bertahan dalam jangka panjang karena peforma menurun hanya dapat bertahan sebentar.

Berikut ini tips agar laptop tidak mudah panas,, silahkan di simak..

  • Jangan mengoperasikan laptop di tempat yang empuk seperti diatas kasur, pangkuan, sofa karena hal tersebut menyebabkan panas yang dihasilkan oleh processor sulit diminimallkan karena sirkulasi udara tidak dapat keluar dengan lancar. Usahakan letakkan laptop di tempat yang mudah menyerap panas agar laptop mendapat sirkulasi udara yang cukup.
  • Jangan terlalu sering digunakan untuk main game biasanya ini yang menjadi faktor utama penyebab laptop mudah panas. Namun ada juga Laptop yang sudah di desain khusus untuk para pecinta game yang sudah terpasang komponen untuk mengatasi baterai laptop yang mudah panas.
  • Periksa kinerja kipas pada prosesor, putaran prosesor yang baik ±3000 rpm. Banyak penyebab yang menjadikan kipas tersebut bekerja sangat lambat mungkin debu atau yang lainnya. luangkanlah waktu untuk membersihkannya dan memberinya pelumas dalam jangka waktu 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali.
  • Sesering mungkin untuk melakukan pengecekan pada thermal paste. Thermal paste sendiri berfungsi sebagai penghantar panas pada GPU dan prosesor. Apabila Thermal paste sudah mengeras maka kewajiban Anda untuk segera menggantinya dengan yang baru.
  •  Perhatikan waktu penggunaan laptop dan perangkat tambahan lain, gunakanlah sewajarnya saja antara 3-5 jam.
  • Jangan pernah mengoperasikan laptop dalam keadaan baterai sedang diisi apa lagi kalau si laptop di jalankan tanpa menggunakan baterai. Karena baterai dapat mengatur tenaga yang dibutuhkan laptop itu sendiri apabila digunakan langsung terhubung dengan listrik maka tidak ada pengontrolan energi yang seharusnya digunakan laptop sehingga dapat merusak komponen-komponen didalamnya.
  • Perhatikan suhu ruangan, ada baiknya apabila menggunakan laptop diruang yang terbuka atau diruangan AC. Jangan mengoperasikan diruang yang tertutup karena dapat menganggu sirkulasi udara laptop tersebut.
  • Memanfaatkan Software Undervolting, undervolting merupakan proses pengurangan voltase yang berlebihan pada CPU dengan menggunakan software. Undervolting berusaha untuk mengatur voltase agar stabil.
Demikian tips cara mengatasi laptop yang mudah panas. semoga bisa menjadi referensi buat sobat semua dalam menjaga peforma laptop agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.
TERIMA KASIH

BACA JUGA: -Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

4 komentar:

  1. oh gitu yaa..
    pantesan, laptop ane sering di pakek seharian. sambil nge-cas pule. jadi gak normal lagi batre leptop.
    makasih infonya mas admin..

    BalasHapus
  2. wah kalo ga sambil isi batere ga bisa jalan, soalnya baterenya udah jebol, jadi mau ga mau colok terus.. btw follback donk kaka :) -> cuapancuit.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Service laptop panggilan

    Laptop anda bermasalah? Kena virus
    Sering hang,atau tidak bisa masuk windows?
    Jika anda sibuk dan tidak punya cukup waktu
    untuk membawa ke reparasi laptop. Cukup
    hubungi kami. maka kami akan ketempat anda.

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :

    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :

    1. LCD Pecah
    2. Engsel Patah
    3. Tidak Tampil
    4. Mati Total
    5. Keyboard Error
    6. kepanasan
    7. Sering Mati-Mati
    8. Tidak Bisa Charging

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com/laptop.html

    BalasHapus

 
TOP