Loading...
Kamis, 17 Oktober 2013

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

keyboard laptop



Selamat pagi sahabat blogger semua… di pagi yang hujan ini (karena artikel ini ditulis ketika hujan datang..  hehe).. kali ini mudhon-13 akan membahas tentang cara mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi di laptop. 
           
Pasti  ada kan diantara sobat semua ketika lagi browsing, mau bikin tugas, ataupun ada yang sedang mainan laptop terus kemudian keyboard laptopnya tidak berfungsi. Pasti hal seperti itu membuat kita seakan ingin membanting laptop kan(bercanda)?
           
Tapi tidak usah bingung ataupun panic dulu.. karena mungkin penyebab  keyboard laptop tidak berfungsi diantaranya disebabkan oleh adanya kotoran atau debu yang masuk ke dalam keyboard laptop. Bisa juga karena ada jalur yang terputus dalam keyboard tersebut.
Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi diantaranya adalah:

  •  Bongkar keyboard laptop anda
  • Bersihkan keyboard dengan menggunakan kuas
  • Lalu kemudian di ketok-ketokkan keyboard tersebut, tapi ingat!! Jangan terlalu keras !! hal ini berfungsi agar kotoran atau debu yang masuk ke dalalm  keyboard dapat keluar.  
  • Gosok-gosok pin pada kabel keyboard dengan tissue ataupun tangan anda.. pastikan tangan anda kering sebelum membersihkan pin kabel ini. 
  •  Pasang kembali keyboard ke laptop anda. Kemudian tes kembali apakah keyboard sudah berfungsi/kembali normal seperti biasa.

Jika cara diatas sudah dilakukan tetapi tetap tidak berhasil, bias saja ada jalur timah yang terputus di keyboard tersebut. Untuk memperbaiki jalur yang terputus tersebut sangat sulit. Karena anda harus membuka tombol keyboard tersebut satu persatu kemudian mengecek jalur yang terputus dengan alat pengukur tegangan listrik. Jika jalur sudah ketemu anda harus menyambung jalur tersebut dengantimah khusus menggunakan jarum, tapi ingat!! Anda harus berhati-hati dalam menyambung jalur ini agar tidak mengakibatkan konsleting. Setelah menyambung kemudian anda rakit keyboard kembali seperti semula.

Saran:
  • Jika menurut anda cara diatas terlalu ribet saya sarankan anda bawa saja laptop anda ke tukang servis ataupun orang yang tahu cara memperbaiki keybard tersebut.
  • Apabila sudah terjadi putus jalur di keyboard anda, lebih baik dig anti dengan yang baru. Daripada diperbaik kemudian rusak lagi kan malah buang-buang uang untuk memperbaiki

Demikian cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Semoga bisa menjadi referensi untuk sobat yang ingin memperbaiki keyboard laptopnya sendiri. Terima kasih..

3 komentar:

 
TOP